Ini Manfaat Mengkonsumsi Jamur Olahan Dari Pabrik Jamur Berkualitas

Kategori : Informasi | Sub Kategori : Wawasan Posted on 2019-10-30 07:51:38


Ini Manfaat Mengkonsumsi Jamur Olahan Dari Pabrik Jamur Berkualitas

Ada banyak sekali jenis jamur yang ada di Indonesia dengan cara budidaya yang beragam pula. Masing-masing jamur tentunya memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda. Pengolahan jamur juga beragam, ada yang dibuat menjadi pepes ada juga dibuat menjadi makanan kaleng. Pengalengan makanan pada jamur melalui proses yang berbeda dengan pengalengan pada kornet.

 

Manfaat Jamur Bagi Tubuh

 1. Memenuhi Kebutuhan Vitamin B

Hampir sebagian besar jamur mengandung kalori yang rendah dan aman untuk dikonsumsi. Tidak hanya rendah lemak saja, namun juga memiliki kandungan vitamin B. Dapat dikatakan pula kandungan vitamin B yang terdapat pada jamur lebih tinggi dibandingkan jenis jamur shitake.

Sedangkan untuk jamur shitake sendiri memiliki kandungan vitamin B6 yang lebih tinggi dibanding jenis jamur lainnya. Disisi lain, tekstur yang dimilikinya juga lunak dan membuatnya cocok untuk dikombinasikan dengan berbagai bahan lainnya.

 

2. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Jamur juga terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh seseorang. Senyawa seperti chitosan hingga eritadenine yang terkandung di dalamnya membantu untuk menurunkan kolesterol tersebut.

Dengan mengkonsumsi jamur rutin dibandingkan daging ternyata dapat meningkatkan kolesterol baik hingga 8%. Tidak hanya mengurangi kolesterol jahat saja, namun dapat mengurangi kadar tirgleserida hingga 15%.

 

3. Menurunkan Berat Badan

Anda ingin diet secara alami tanpa harus kesulitan? Anda bisa mengganti pendamping makan dengan jamur. Dengan mengkonsumsi jamur secara rutin, secara tidak langsung akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan hingga 3%. Namun hal tersebut tentunya harus diimbangi dengan olahraga dan makannya tetap dijaga.

 

4. Membantu Meningkatkan Sistem Imunitas

Jamur juga memiliki kandungan selenium yang dapat membantu tubuh meningkatkan sistem imunitas hingga sistem reproduksi. Mengkonsumsi dengan jumlah yang wajar dan rutin juga terbukti dapat meningkatkan fungsi dari kelenjar tiroid. Dengan demikian, tubuh akan lebih siap dalam menangkal radikal bebas yang menyerang.

 

5. Membantu Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh manusia. Salah satu senyawanya, yaitu beta-glukan akan bertugas sebagai terapi secara alami. Meskipun tidak membunuh sel kanker hingga tuntas, namun senyawa ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bagi pasien yang telah mengalami kanker dan sedang dalam masa perawatan, bisa mengkonsumsi beberapa macam jamur untuk mempercepat proses penyembuhannya. Mengkonsumsinya setelah ataupun sesudah terapi dapat mengurangi efek samping dari terapi tersebut. Perlu dicatat bahwa hal ini tentunya perlu dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu ya.

 

6. Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

 Perlu diketahui bahwa jamur juga memiliki kandungan vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan tulang, membantu kinerja fungsi saraf hingga menjaga otot tubuh. Perlu diperhatikan bahwa disini jamur tidak bisa membantu memenuhi seluruh kebutuhan vitamin D pada tubuh Anda. Setidaknya bisa salah satu opsi untuk membantu beberapa persen kebutuhan vitamin D pada tubuh.

 

7. Dijadikan Sebagai Penyedap Rasa Alami

 Jamur seringkali dianggap memiliki sensasi gurih bagi orang Eropa. Sebagian besar dari mereka mengatakan bahwa rasa gurih yang terdapat pada jamur akan lebih jelas jika dimasak. Tidak mengherankan jika di negara Eropa dan sekitarnya, jamur dapat dijadikan sebagai penyedap rasa gurih yang alami dan menyehatkan.

 

Di Indonesia sendiri sudah ada pabrik jamur baik dari UMKM maupun perusahaan besar yang mengolahnya menjadi berbagai macam jenis makanan. Salah satu pabrik jamur atau produsen yang mengolah jamur tersebut adalah PT. Suryajaya Abadiperkasa yang berlokasi di Probolinggo Jawa Timur. Jamur yang diolah merupakan jamur pilihan dan diolah berdasarkan standar pengolahan pangan baik nasional maupun internasional.