Tips Mengkonsumsi Makanan Kaleng Yang Benar

Kategori : Informasi | Sub Kategori : Tips Posted on 2019-09-06 10:13:55


Tips Mengkonsumsi Makanan Kaleng Yang Benar

    Saat ini sudah ada banyak sekali produk makanan dalam bentuk kaleng. Produk yang melalui proses pengalengan makanan biasanya telah melalui pengujian dari pihak terkait. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa makanan tersebut aman untuk dikonsumsi. Namun, sebelum mengkonsumsinya ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan lebih lanjut.

 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli dan Mengkonsumsi Makanan Kaleng

 1. Cek Kode Izin BPOM RI

    Tidak hanya makanan kaleng saja, namun ini berlaku pada seluruh jenis produk pangan maupun minuman yang beredar di masyarakat. Cek terlebih dahulu kode nomor izin yang didapatkan dari BPOM RI. Sebuah produk dianggap aman dan dapat beredar di pasaran Indonesia jika telah mendapatkan izin dari BPOM ini.

    Biasanya kode nomor izin tersebut memiliki 2 kode yang berbeda, yaitu MD dan ML. MD berarti produk tersebut merupakan hasil dari industri makanan dalam negeri. Berbeda dengan ML yang merupakan hasil dari industri makanan luar negeri namun sudah mendapatkan izin operasional. Selain itu, biasanya terdapat digit nomor disekitar kode tersebut yang disebut sebagai nomor unik.

 

2. Cek Tanggal Kadaluwarsa

    Sebelum mengkonsumsi makanan tersebut, cek terlebih dahulu tanggal kadaluwarsanya. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mencari pada salah satu sisi dari kemasan produk. Tanggal kadaluwarsa produk secara umum dicetak pada kemasannya dan tidak mudah dihapus.

    Apabila dijumpai tulisan masa kadaluwarsa dalam bentuk stiker atau stempel manual, sebaiknya jangan dikonsumsi. Pasalnya Anda tidak mengetahui kapan secara pasti produk tersebut kadaluwarsa. Jika sudah melewati masa kadaluwarsa dan dikonsumsi, nantinya akan memberikan dampak buruk bagi tubuh.

 

3. Cek Kondisi Pengemasan

    Pengemasan merupakan hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan mengingat ini sangat terlihat jelas oleh indera pengelihatan. Sebelum membeli, pastikan kondisi kemasan kaleng tersebut tidak penyok, berkarat hingga kembung. Jika kaleng tersebut penyok, nantinya akan ada senyawa kimia yang terlepas dari pengemasan dan mempengaruhi kualitas produk di dalamnya.

    Sedangkan jika berkarat, terlebih hingga bagian dalam pengemasan, nantinya makanan yang ada di dalamnya dapat terkontaminasi dan apabila dikonsumsi bisa berbahaya. Disisi lain, jika kaleng tersebut kembung, maka kualitas makanan yang ada di dalamnya sudah basi. Bisa juga karena penyimpanannya tidak benar hingga sudah kadaluwarsa.

 

4. Jangan Dipanaskan Dengan Kalengnya

    Ada beberapa orang yang malas untuk memindahkan isi kaleng makanan ke wajan dan langsung memanaskannya bersama kalengnya. Padahal cara tersebut merupakan kesalahan fatal dan harus dihindari. Ini disebabkan karena kaleng tersebut bertujuan untuk melindungi makanan yang ada di dalamnya.

    Apabila kaleng tersebut rusak dari segi fisiknya, maka bisa terjadi kontak dengan makanan yang ada di dalamnya dan mempengaruhi kualitasnya. Disisi lain, senyawa yang terdapat pada kaleng tersebut bisa masuk dalam makanan dan apabila dikonsumsi tentunya akan berbahaya bagi tubuh.

 

5. Habiskan Setelah Dibuka atau Simpan Dengan Benar

    Makanan yang sudah dibuka dari kaleng, sebaiknya segera dihabiskan dan jangan dibiarkan terbuka terlalu lama pada ruang terbuka. Ini akan membuat bakteri dengan mudah masuk ke makanan tersebut dan membuatnya cepat basi. Jika ingin digunakan untuk selanjutnya, sebaiknya disimpan dengan cara yang benar.

    Caranya adalah dengan memindahkan makanan dalam kaleng tersebut ke wadah plastik ataupun yang bisa tertutup rapat, kemudian simpanlah kemasan tersebut di dalam lemari es. Perlu diperhatikan juga untuk makanan tersebut hanya boleh disimpan 2-3 hari setelah dibuka karena jika lebih akan mempengaruhi kualitasnya.

    Selain pengolahan daging sapi, ada juga jamur yang dijadikan sebagai menu olahanan makanan. Pabrik jamur sendiri saat ini sudah banyak bermunculan mengingat budidaya jamur tidak selama budidaya seekor sapi. Jika Anda membutuhkan produk makanan olahan dari jamur maupun daging sapi yang instant, bisa dengan mengunjungi website sjap.co.id.