Tumis Jamur Kancing Cip

Kategori : Resep | Sub Kategori : Masakan Nusantara Posted on 2019-11-28 09:48:07


Tumis Jamur Kancing Cip

Masakan yang ditumis memang menjadi favorit di kalangan para ibu rumah tangga. Hal ini terjadi karena masakan tumis jauh lebih mudah dari pada jenis masakan lain. Selain mudah, hasil masakan tumis juga memiliki rasa yang sangat lezat di lidah. Sehingga sangat cocok bagi para ibu rumah tangga yang sibuk atau banyak acara.

Jamur kancing merupakan salah satu bahan masakan yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Tidak hanya dijadikan bahan pelengkap, jenis jamur ini juga bisa menjadi bahan utama. Selain mudah ditemukan, bahan masakan ini harganya tidak terlalu mahal. Jamur kancing bisa dijual sebagai sayuran segar atau dalam bentuk kalengan maupun kemasan plastik.

 Untuk menemukan jamur kancing cukup mudah, Anda bisa berbelanja produk PT. Suryajaya Abadiperkasa di pasar tradisional ataupun supermarket terdekat dengan merk Cip dan Rodeo atau jika ingin membeli jamur fresh bisa langsung ke pabrik PT. Suryajaya Abadiperksa. Tidak hanya ditumis saja, jamur yang juga dikenal dengan nama jamur champignon ini juga bisa diolah dengan berbagai macam cara.

Selain dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan tertentu, jamur kancing juga bisa diolah menjadi tumisan yang enak. Tumis jamur kancing memiliki berbagai macam jenis disesuaikan dengan bahan pelengkap serta bumbu yang digunakannya. Jamur berbentuk bulat menyerupai kancing ini bisa ditumis dengan dilengkapi bumbu pedas. Tumis jamur kancing bila dimasak dengan bumbu pedas ini akan menggugah selera makan siapa saja yang melihat dan mencium aromanya yang khas. Cita rasanya yang begitu lezat akan membuat ketagihan. Proses membuat tumis jamur kancing ini mudah dan praktis, sehingga anda tidak akan merasa kesulitan ketika di dapur. Bahan dan bumbu yang dibutuhkannya juga mudah ditemukan, dan bisa dengan mudah mendapatkannya di pasar tradisional.

 Memasak jamur kancing walaupun ditumis namun bisa dimasak dengan beberapa variasi. Di Indonesia sendiri, jamur ini bisa dikreasikan menjadi beberapa masakan yang khas dengan selera masyarakat Nusantara. Selain lebih cepat matang, jamur kancing juga mempunyai rasa gurih tersendiri yang khas. Jamur kancing juga sering dipakai sebagai bahan pengganti daging sebab teksturnya yang sangat mirip dengan daging.

 Aneka makanan sederhana namun terasa bumbunya memang menggugah selera. Termasuk untuk makanan sederhana seperti tumis jamur kancing . Tak hanya enak, makanan ini juga kaya nutrisi dan manfaat. Berikut resep dan cara untuk memasak tumis  jamur kancing :

 

Bahan-bahan untuk memasak tumis jamur kancing :

•           3 buah sayur sebagai tambahan tumis  (iris sesuai selera)

•           250 gram jamur kancing (iris tipis)

•           3 siung bawang putih (cincang halus)

•           5 siung bawang merah (cincang halus)

•           2 atau 3 buah cabai merah besar (buang isi, iris)

•           5 buah cabai rawit (iris)

•           Garam (secukupnya)

•           Gula (secukupnya)

•           Bumbu-bumbu instan, misalnya bumbu instan rasa kaldu ayam bubuk (secukupnya)

•           Kecap manis (secukupnya)

•           Minyak goreng                                         

Cara Membuat tumis jamur kancing :

  1. Tuangkan dan panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  2. Tambahkan cabai rawit dan cabai merah, tumis hingga semua bahan layu.
  3. Masukkan jamur kancing, aduk rata dan tumis beberapa saat.
  4. Tambahkan sayur sebagai tambahan tumis, garam dan gula secukupnya. Aduk rata, masak hingga semua bahan matang.
  5. Tambahkan kaldu ayam bubuk (bumbu instan rasa lainnya sesuai dengan selera masing-masing) dan kecap manis, lalu cicipi rasanya.
  6. Aduk-aduk, masak hingga mendidih dan angkat jika sudah matang.
  7. Sajikan tumis jamur kancing selagi masih hangat.

Untuk lebih praktisnya anda bisa membeli tumis jamur kancing kalengan merk CIP sudah tersedia dalam ukuran kalengan 120g, 200g, 325g, 425g, dan 3000g yang di produksi oleh PT. Suryajaya Abadiperkasa. Jadi anda tidak usah repot-repot memasak tumis jamur kancing seperti contoh diatas lagi, cukup membeli tumis jamur kancing sarden kaleng.