Begini Tips Sebelum Membeli dan Mengolah Jamur

Kategori : Informasi | Sub Kategori : Tips Posted on 2019-10-30 07:55:20


Begini Tips Sebelum Membeli dan Mengolah Jamur

Pabrik jamur saat ini mulai berkembang dan menciptakan variasi produk olahan terbaru sesuai dengan permintaan pasar. Masing-masing pabrik tentunya menggunakan jenis jamur yang berbeda-beda, namun tidak menutup kemungkinan ada yang sama. Perbedaannya mungkin terlihat dari segi hasil produksinya.

 

Tips Memilih Jamur Yang Bagus

 1. Lihat Kondisi Payungnya

Hampir seluruh jenis jamur memiliki payung dengan ciri khasnya masing-masing. Pada jamur kancing, cobalah untuk memperhatikan warnanya. Jika warnanya masih cerah atau bersih dan memiliki ukuran yang sama, maka dapat dipastikan kondisi jamur tersebut bagus. Berbeda lagi dengan jamur merang yang bisa Anda lihat dari permukaan yang halus dan warna yang terang.

Pada jamur tiram sendiri cirinya adalah payungnya masih sempurna dan memiliki warna yang cerah. Untuk jamur kuping sendiri jarang terserang oleh jamur, sebaiknya memilih warna hitam yang merata. Apabila kondisinya basah, pilih yang warna hitamnya merata dan lebih pekat, tidak berlendir dan tidak memiliki bau.

Terakhir jika meninjau jamur shitake dari payungnya, carilah yang memiliki warna coklatnya terang dan memiliki batang yang utuh. Pastikan juga kondisi payungnya masih sempurna dan tidak rusak, karena hal tersebut mencerminkan kondisi jamur tersebut.

 

2. Cari Yang Tidak Dikemas

Jika Anda mencari jamur, sebaiknya yang tidak dikemas. Mengapa demikian? Karena hal tersebut akan menyulitkan Anda dalam melihat kondisi jamur tersebut. Meskipun jamur yang disimpan rapat tersebut bertujuan untuk menghindari dari serangan kuman ataupun bakteri.

Jamur yang tidak dikemas memiliki tingkat kesegaran yang baik dibandingkan yang dikemas. Pertama adalah dilihat dari teksturnya, dimana apabila dalam kemasan biasanya teksturnya menjadi berubah. Kedua adalah dari kondisi fisiknya, dimana jika di luar kemasan akan memudahkan mana yang masih segar dan mana yang sudah membusuk.

Tapi bukan berarti jamur dalam kemasan tidak baik, nilai tambahnya adalah pengemasan jamur baik kaleng atau plastik bertujuan untuk menjaga kandungan gizi pada jamur itu sendiri agar tidak hilang dan bisa disimpan lebih lama.

 

3. Perhatikan Warnanya

Ketika memilih jamur untuk dikonsumsi, sebaiknya perhatikan betul warnanya. Ada anggapan bahwa jamur yang bau tanah dan kotor bisa dibilang bagus. Namun hal tersebut tidak berlaku pada seluruh jenis jamur yang ada di pasaran saat ini. Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah pilihlah yang warnanya masih fresh.

Jika ditemukan bercak yang tidak wajar atau adanya perubahan warna pada jamur tersebut, sebaiknya tidak Anda pilih. Pasalnya jamur tersebut sudah tidak segar lagi dan ada kemungkinan terserang jamur yang membuat kualitasnya menurun, bahkan bebeberapa menjadikannya berbahaya jika dikonsumsi.

 

4. Hati-Hati Ketika Mencuci

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan mengolahnya. Jika Anda ingin langsung memasaknya langsung tanpa menyimpannya terlebih dahulu, maka diperbolehkan untuk mencucinya. Cucilah menggunakan air yang mengalir, bersihkan kotoran yang ada dan keringkan hingga benar-benar kering sebelum dimasak.

Ketika mencucinya juga jangan terlalu berlama-lama karena akan mempengaruhi tekstur yang dimilikinya. Apabila Anda ingin menyimpannya terlebih dahulu, sebaiknya dibersihkan menggunakan tisu kering atau lap bersih dan jangan mencucinya. Kemudian tempatkan pada wadah yang kering, namun sebelumnya bungkus dengan kertas.

 

5. Perhatikan Aromanya

Jamur yang bagus akan memiliki aroma yang sedap dan sangat khas. Masing-masing jenis jamur memiliki ciri bau yang berbeda-beda, namun persamaannya terlihat dari baunya yang masih segar. Apabila Anda menemukan jamur yang memiliki aroma tidak sedap, sebaiknya tidak perlu dibeli dan carilah jamur lain.

Setelah memilih jamur yang berkualitas, tahap selanjutnya adalah mengolahnya menjadi produk pangan, salah satunya bisa dibuat menjadi makanan kaleng. Pengalengan makanan pada jamur melewati proses yang sesuai prosedur dan tentunya aman untuk dikonsumsi. Jika penasaran dengan hasilnya, Anda bisa mengunjungi website salah satu produsennya, yaitu di sjap.co.id atau bisa langsung ke pabrik kami di Probolinggo.